Apr 022015
 
Facebooktwittergoogle_plusmail
Ada beberapa tanda dan penyebab kenapa wanita dan pasangannya susah hamil & sulit punya anak. Mengatasi hal tersebut, selain dengan berdoa, juga ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. hal berikut perlu diperhatikan dalam berkonsultasi dengan dokter tentang keinginan untuk punya anak.
.
Jika telah melewati 1 tahun lamanya namun belum juga mendapatkan anak, maka itula waktu yang tepat bagi suami dan istri untuk segera konsultasi ke dokter. Dokter akan mencoba mendeteksi penyebabnya, dan mengobati masalah penghambat kehamilan anda tersebut, apakah dari pihak istri , maupun dari pihak suami
.
Berdasarkan statistik, penyebab susah hamil dikarenakan infertilitas masing-masing pasangan. Infertilitas oleh pihak istri sebesar 45% meliputi masalah pada saluran telur, masalah ovulasi, endometriosis, rahim dan mulut rahim. 40% infertilitas dari pihak suami meliputi masalah pengeluaran sperma, pematangan dan produksi sperma, infeksi bawaan yang menyebabkan penyempitan saluran sperma, faktor imun, maupun faktor asupan gizi. Sedangka 10-15% sisanya belum diketahui dan masih belum jelas.
.
Di bawah beberapa penyebab kenapa Istri Susah hamil, baik penyebab tersebut dari istri, maupun dari suami. sekali lagi, artikel ini hanya menyajikan kemungkinan, dan hanya sebagai bahan diskusi dengan dokter.
.
1. Tanda & Penyebab kenapa wanita Susah Sulit hamil – karena Terlalu Kurus
.
Wanita yang terlalu kurus pada umumnya sering mengalami gangguan pada siklus menstruasi, misalnya saja atlet maraton, penari balet, model, maupun wanita yang mengalami penurunan berat badan drastis secara mendadak. Hal ini dapat dimengerti sebab fungsi lemak antara lain adalah dalam pembentukan hormon kesuburan dan pengaturan haid.
.
2. Tanda & Penyebab kenapa wanita Susah Sulit hamil – karena Kegemukan (obesitas)
.
Wanita dengan timbunan lemak bisa mengganggu kinerja organ tubuhnya, termasuk organ reproduksi itu sendiri. Tingginya kadar kolesterol akan mengacaukan keseimbangan hormon sehingga berdampak pada terganggunya siklus menstruasi, haid kadang terlambat datang, atau bahkan sama sekali tidak datang dalam beberapa bulan meskipun tidak hamil. Bisa juga sebaliknya, menstruasi secara terus menerus keluar tetapi tidak teratur. Padahal, jika siklus menstruasi tidak teratur akan sulit melakukan perhitungan pematangan sel telur, ovulasi tidak dapat dideteksi dengan tepat, sedangkan melakukan hubungan seksual diluar masa ovulasi sangat kecil peluangnya untuk terjadi pembuahan.
.
3. Tanda & Penyebab kenapa wanita Susah Sulit hamil – Jumlah Sperma Sedikit
.
Kesuburan tidak tergantung pada wanita saja, tetapi juga pada sperma pria. Jumlah sperma yang rendah atau kurang dari 20 juta sperma per mililiter air mani sangat kurang untuk membuahi sel telur. Menurut Mayo Clinic, ejakulasi normal harus mengandung setidaknya 39 juta sperma. jika terlalu sedikit tentu bisa jadi penyebab susah hamil.
.
Seorang wanita tetap bisa hamil meskipun jumlah sperma yang dikeluarkan oleh suaminya terlalu sedikit, tetapi akan membutuhkan waktu yang lama. Konsultasikan mengenai masalah rendahnya produksi sperma tersebut ke dokter.
.
4. Tanda & Penyebab kenapa wanita Susah Sulit hamil –  Sering Mengalami Stres
.
Ternyata, gaya hidup mempunyai andil besar dalam menentukan tingkat kesuburan seseorang. Sekitar 15-20% infertilitas disebabkan oleh gaya hidup yang memicu stres. Padahal kondisi psikologi yang penuh gejolak dan tekanan dapat menyebabkan gangguan spermatogenesis, spasme tuba falopi, gangguan ovulasi, dan menurunnya gairah berbubungan suami-istri. sehingga menjadi penyebab kenapa susah hamil
.
5. Tanda & Penyebab kenapa wanita Susah Sulit hamil –  karena  Polusi Lingkungan
.
Sebagai contoh, polusi udara karena kebiasaan merokok ataupun timbal buangan dari kendaraan bermotor. Mengandung zat polutan yang terbukti dalam menurunkan kualitas sperma pria. Sama halnya dengan ganja, heroin, maupun kokain bisa mengkibatkan terganggunya sekresi hormon prolaktin dan gonadotropin sehingga pelepasan sel telur pada wanita menjadi terhambat.
.
6. Tanda & Penyebab kenapa wanita Susah Sulit hamil –  Minuman Beralkohol
.
Wanita yang menenggak minuman beralkohol akan menekan produksi hormon progesteron dan estrogen, akan tetapi meningkatkan kadar prolaktin sehingga menghambat poses ovulasi. Sedangkan pria yang akrab dengan minumal beralkohol akan mengurangi ukuran testis dan bisa menurunkan volume air mani, mobilitas, morfologi, maupun konsentrasi spematozoa mereka. sehingga juga mempengaruhi penyebab kenapa susah hamil
.
7. Tanda & Penyebab kenapa wanita Susah Sulit hamil – karena  Obat-Obatan
.
Sejumlah jenis obat-obatan yang termasuk golongan narkotik ataupun obat-obatan kedokteran seperti jenis antibiotik, obat maag, obat darah tinggi, antikejang, serta obat-obatan yang digunakan untuk terapi kanker, bisa mempengaruhi kualitas sperma dan menurunkan kesuburan wanita. jadi sebaiknya penggunaan obat tersebut dengan anjuran dokter
.
8. Tanda & Penyebab kenapa wanita Susah Sulit hamil –  karena  Faktor Usia
.
Ketika wanita telah memasuki usia 35 tahun, tingkat kesuburan mereka mulai menurun. Di usia 37 tahun, semakin menurun drastis hingga akhirnya memasuki masa menpause di usia 40-45 tahunan. Sel telur wanita pun semakin berkurang setiap kali mereka mengalami menstruasi, dan lama-kelamaan habis ketika telah menopause, yang tentunya menjadi penyebab kenapa wanita susah hamil. Sedangkan pria justru sebaliknya, usia yang semakin bertambah tidak membatasi kesuburan mereka, di mana testis akan senantiasa memproduksi sel-sel spermatozoa sepanjang tidak ada masalah dengan anatominya.
.
9. Tanda & Penyebab kenapa wanita Susah Sulit hamil – karena  Aktivitas / Olahraga Terlalu Capek
.
Wanita yang melakukan olahraga secara berlebihan dapat menhambat mereka mendapatkan kehamilan karena terganggunnya siklus mestruasi. Hal ini disebabkan oleh penurunan level gonadotropin dan peningkatkan produksi kortisol dan edorphin.
.
10. Tanda & Penyebab kenapa wanita Susah Sulit hamil –  karena  Terjadi Sumbatan Pada Vagina
.
Apabila terjadi sumbatan maka proses penyampaian air mani menjadi terhambat. Sumbatan jenis pertama yakni sumbatan psikogen atau sering disebut dispareunia / vaginismus. Sumbatan jenis yang kedua yaitu sumbatan anatomis seperti vaginitis, radang vaginia yang disebabkan oleh candida albicans / trikomonas (kuman yang hidup dalam vagina yang bisa menghambat pergerakan sperma).
.
11. Tanda & Penyebab kenapa wanita Susah Sulit hamil – karena  Kelainan Mulut Rahim
.
Mulut rahim normal akan mengarah ke depan, sehingga langsung berhadapan dengan dinding belakang vagina. Hal inilah yang memungkinkan sel sperma untuk sampai ke dalam saluran mulut rahim. Jika terjadi penyimpangan dari kondisi normal, seperti posisi rahim yang menghadap ke belakang maka proses pembuahan akan terhambat sehingga menjadi penyebab sulit untuk hamil.
.
12. Tanda & Penyebab kenapa wanita Susah Sulit hamil –  karena   Kelainan Rahim
.
Kelainan rahim biasanya disebabkan oleh perlengketan, polip , masalah konstraksi rahim, dan peradangan endometrium. Yang semuanya dapat menghambat perjalanan sel sperma. Meskipun kehamilan diperoleh, biasanya kehamilan tersebut berkakhir sebelum waktunya.
.
13. Tanda & Penyebab kenapa wanita Susah Sulit hamil – karena  Kelainan Saluran Telur
.
Kelainan ini merupakan masalah infertilitas yang paling sering ditemukan. Misalnya tuba membesar secara keseluruhan atau endometriosis, peradangan yang menyebabkan tuba memendek, pembentukan jaringan ikat (fibrosis), dan perlekatan tuba yang mengganggu fungsi fimbria (berbentuk rumbai-rumbai dan terdapat di bagian ujung saluran rahim).
.
14. Tanda & Penyebab kenapa wanita Susah Sulit hamil – karena  Kelainan Ovarium (Indung Telur)
.
Apabila ovuarium (indung telur) ternganggu, misal adanya kista endometriosis atau tumor dapat menyebabkan ovulasi tidak terjadi. Lalu, bagaimana mungkin bisa hamil jika tidak ada sel telur yang siap untuk dibuahi?
.
15. Tanda & Penyebab kenapa wanita Susah Sulit hamil –  karena   Gondongan
.
Meskipun kemungkinan terjadinya kecil, hanya sekitar 20-30%. Gondongan tidak bisa dianggap sepele karena merupakan penyebab yang memungkinkan kesuburan pria terganggu. Berat atau tidaknya gangguan kesuburan bergantung pada tingkat kerusakan testis sebagai ‘pabrik’ sel sperma. Jika ternyata rusak parah, maka yang bersangkutan bisa mengalami jumlah sperma nihil (asthenozoospermia). Kerusakan seperti ini sifatnya permanen dan tidak bisa diperbaiki dengan cara apapun.
.
16. Tanda & Penyebab kenapa wanita Susah Sulit hamil –  karena  Infeksi Vagina
.
Pada umumnya, infeksi ditandai munculnya keputihan yang harus diberikan perhatian secara serius. Karena jika dibiarkan berlanjut dan tidak dilakukan pengobatan, maka infeksi ini akan semakin meluas ke atas hingga rahim atau ke adneksa yang terdiri dari indung telur, saluran telur, otot penyangga rahim atau ligamen. Pengobatan bisa dengan obat-obatan antibiotik yang tepat. Namun mengobati infeksi ini butuh kesabaran saat melakukan terapi hingga infeksi benar-benar sembuh. Anda juga dapat mencegah infeksi dengan menjaga kebersihan vagina saat buang air. Khususnya jika terpaksa harus buang air di tempat umum yang kebersihannya kurang terjaga, sebisa mungkin begitu menemukan air bersih untuk segera dibilas. Perhatikan juga cara membasuhnya, yaitu dari atas ke bawah. Bukan sebaliknya, dari dubur ke arah vagina, karena hal ini memungkinkan kuman yang bersarang di anus terbawa ke vagina.
.
17. Tanda & Penyebab kenapa wanita Susah Sulit hamil –  karena  Endometriosis
.
Seorang wanita dapat dikatakan terkena endometriosis ketika jaringan endometrium tumbuh bukan di tempat yang seharusnya. Munculnya endometriosis diduga karena rangsangan hormon estrogen yang terlalu berlebihan, sehingga dasar pengobatannya pun dengan pengobatan hormonal, yaitu dengan memberikan hormon anti estrogen selama paling kurang 2 bulan. Dengan demikian, diharapkan perkembangan jaringan endometrium dapat terhambat dan tidak menjalar ke mana-mana.  ovarium menjadi tempat yang paling sering ditumbuhi jaringan edometrium ini. Sehingga dapat mengakibatkan perlengketan ke usus, saluran telur, rahim, maupun organ lain disekitarnya. Jika setelah pemberian hormon tidak didapatkan perbaikan, biasanya akan dilakukan tindakan operasi laparoskopi atau laparotomi.
.
18. Tanda & Penyebab kenapa wanita Susah Sulit hamil –  karena   Kuretase Berulang
.
Kuret yang dilakukan berulang kali untuk waktu yang berdekatan, diduga dapat menjadi pemicu munculnya perlengketan pada rahim, apalagi jika kuret tidak benar-benar steril, Endometrium menjadi menutup yang seharusnya berbentuk rongga, dengan demikian yang bersangkutan menjadi susah hamil.
.
19. Tanda & Penyebab kenapa wanita Susah Sulit hamil – karena Riwayat Operasi
.
Karena setiap tindakan operasi selalu menyisakan luka terbuka, khusunya setelah melakukan sesar dan operasi usus buntu. Peluang terjadinya perlengketan sering disebabkan oleh proses sesar yang tidak benar, menyisakan banyak darah, atau mereka yang penyembuhan lukanya kurang bagus seperti lukanya belum kering dalam waktu seminggu setelah operasi. Inilah pentingnya melakukan kontrol kepada dokter yang menangani operasi tersebut.
.
Sementara melakukan sesar untuk kedua kali atau seterusnya membuat kemungkinan terjadinya perlengketan antara rahim dan dinding perut, usus, dan juga kandung kemih semakin besar.
.
20. Tanda & Penyebab kenapa wanita Susah Sulit hamil – karena Varikokel
.
Varikokel adalah varises akibat pelebaran pada katup pembuluh darah balik yang terjadi di kantung testis. Pembuluh darah yang melebar di katup vena ini tentu akan mengganggu fungsi testis sebagai tempat produksi sel sperma, mempengeruhi jumlah maupun kulitas sperma yang diproduksi
.
21. Tanda & Penyebab kenapa wanita Susah Sulit hamil – karena Kista
.
Kista adalah benjolan pada indung telur, kalau berukuran besar, dapat mengganggu saluran telur, sedang kalau ukurannya kecil, juga bisa mengganggu siklus haid menstruasi. dinamakan sindroma ovarium Polikistik (PCOS). termasuk faktor yang bisa menjadi penyebab kenapa seorang wanita susah hamil
.
22. Tanda & Penyebab kenapa wanita Susah Sulit hamil –  karena Mioma
.
Mioma adalah benjolan pada rahim, dengan adanya rahim, sperma terhalang untuk bertemu sel telur, dan kalaupun terjadi pembuahan, terhalang untuk menempel pada dinding rahim, sehingga menjadi penyebab kenapa susah hamil
.
23. Tanda & Penyebab kenapa wanita Susah Sulit hamil – karena Penyakit Radang panggul (PID)
.
penyakit radang panggul (PID), yang dapat merusak tuba falopi dan jaringan dalam dan dekat uterus dan ovarium.
Sebanyak 93% wanita yang pernah mengalami masalah pada tuba falopi karena PID tidak dapat hamil sesudahnya.
.
24. Tanda & Penyebab kenapa wanita Susah  Sulit hamil –  karena  Pelumas
.
Hampir setiap pelumas saat berhubungan dapat membahayakan sperma dan berisiko terhadap infertilitas. Periksa label pelumas untuk memastikan cairan tersebut tidak mengandung bahan spermisida.
.
Jika Anda harus menggunakan pelumas, pilihlah pelumas dengan bahan berbasis air, bukan berbasis minyak bumi karena dapat memperlambat sperma.
.
25. Tanda & Penyebab kenapa wanita Susah  Sulit hamil – Menopause Dini
.
secara umum, wanita mengalami menopause sekitar usia 50 tahun, tapi ada beberapa wanita yang mengalaminya lebih dini, sehingga berpengaruh pada keseimbangan hormon, perlu diberikan obat untuk membantu keseimbangan haomon agar wanita tersebut jadi bisa hamil.
.demikian beberapa Tanda dan Penyebab Kenapa Susah Hamil dan sulit punya anak , sebagai bahan diskusi dengan dokter kandungan
.
semoga bermanfaat..!
.
.
.
 25 PENYEBAB Kenapa Wanita SUSAH HAMIL
(Visited 207,264 times, 537 visits today)
Facebooktwittergoogle_plusmail

  44 Responses to “25 PENYEBAB Kenapa Wanita SUSAH HAMIL”

  1. Salam dok,,,
    mau tanya, jika setiap hamil selalu keguguran,apa penyebabnya dok,??
    mohon penjelasan serta saran dari dokter.

    Terimakasih.

  2. Salam dok..
    Mau tanya,jika ingin punya keturunan tapi di dalam rahimnya itu ada kistanya gimana dok..?
    Mohon penjelasan serta saran dari dokter.

    Terima kasih.

  3. dokk ..
    . sayaa pernahh kegugurann ..
    . tapii knppa eaa sudahh satuh tahunn sya blumm hamil lagii ..

  4. dok sya mau bertanya

  5. Slmt mlm Dr.knp y sy ko ssh hml pdhl sy mngkonsumsi vit e hmpr 1thn tp,ko gk ad tnd2 y dok?

  6. Dok saya pernah keguguran,nah setelah itu saya pasang spiral dan sudah saya lepas tp sering keputihan sudah berobat timbul lg sperti jamur dan sampai skrng sudah 3 tahun sya blm mempunyai momongan tolong kasih saran ya dok….

  7. pagi dok, mau tanya jika salah satu tuba tidak paten, apa kemungkinan untuk hamil?

  8. Setelah 3 thn melahirkan lewat oprasi dan anak sy pun meninggal usia 6 bln. Tapi sampe sekarang sy blm hamil jg selama 3 thn lebih… Hampir putus asa sy. Apa yg harus sy lakukan berdoa dan jaga makanan sudah d lakukan 🙁

  9. Makasih ats informasi nya brkat artikel ini sya bisa tau apa sja pnyebab sya blm di karuniai seorg anak

  10. Dok.z mau bertanya nii..

  11. Dok bleh tDk z brtax

  12. Dok saya mau tanya, saya sudah menikah 4 tahun, usia saya dg istri terpaut 3 tahun, kami belum di karuniai keturunan, sudah cek ke dokter kami berdua dikatakan sehat dan tidak ada masalah dg reproduksi kami… Sperma saya bagus dan sel telur dan lainya istri saya juga tidak ada masalah…
    Saya mau tanya dok..soal berhubungan suami istri… Apakah setelah berhubungan harus berhenti dl sampai ada tanda tanda hamil atau bagaimana soalnya saya biasa berhubunganya ga pasti…kadang seminggu sekali seminggu 4 kali dll tergantung mood.
    Kata orang kalau sudah berhubungan jangan berhubungan lagi supaya jadi… Tapi ada yg blng lagi kalau berhubungan yg sering supaya jadi. Intensitas hubunganya apakah harus pas masa subur di genjot trus setelah masa subur off supaya terjadi pembuahan atau bagaimana dok…saya sudah stres dan mulai putus asa dg omongan orang… Mohon responya via email dok…trimakasih sebelumnya

  13. sya mau mintak tip agr cpt mendapatkan momongan

  14. sya mau naxa dok ,kan saya udh nikah 3thn dok waktu perkawinan saya umur 2 tahun aya si ksi kpercyaan ama allh subahanahuata’ala terus saya ngidamx 3 bulan g bangun”tidur aja di tempat tidur selama tiga bulan mkan dan minum aja sya g mau stiap mau makan di mutahin lgi dan minumpun jga gitu dok stelah sya periksa ternyata selama tiga bulan itu yang sya kandung itu bukan janin melainkan hamil agunggur/ mola begitu sya di fonis sya langsung kage trus sya sedih sekali dok,,,tp saya udh melewati masa itu dan sya udh kmbali sehat lg dan sya kpingin punxa ank lg dan meminta tips agar cpt hamil plizz dok blz ya salam windi

  15. ass docktor ..
    hubungan saya ama suami saya udah setahun tapi ko sampai sekarang belum ada tanda2 kehamilan pada saya , suami saya tiap malam bilank saya udah mw poex anag yankk , yeach saya bilank kita berdoa saja sambil berusaha rasax saya udah putus asa dan mengatakan pada suami saya mungkin saya ngga bisa kasi dia keturunan .
    kenapa yeach dokk ?

  16. dok sya mau tnya .sya sdh 2 thun menikh cmn smpe sekarng blm pnya momongan .
    Gmna cra.a ya dok ,maksh banyk

  17. Asalamualaikum dok.saya minikah sudah 3th umur kami terpaut 1th tp sampai saat ini kami belum dikasih keturunan saya ingin bertanya kenapa saya sulit hamil dok padahal saya sudah konsultasi kedokter suami saya jg sudah hasilnya padahal sehat semua tidak ada masalah tapi kenapa masih tetep susah hamil berbagai hal apapun sudah saya lakukan dok saya jg selalu berdoa .harus bagaimana lagi caranya dok agar saya bisa cepat hamil.tolong dijawab ya dok.trimakasih

  18. Ass..
    Saya mnkh udh 2 thn. Usia saya n suami hny terpaut 3 thn. Knapa sya blm hml jg. Pdhl sgala cra udh d tmph. Brobat ksna kmari. Tp tdk ada hsl.
    Mmg dri gadis mens saya tdk teratur.
    Tlng solusi nya ya dok. Trm ksh

  19. Salam sehat dok…
    Dok.saya laila usia 29th.anak pertama sdh usia 6th, suami 33th.saya ign sekali pny anak lagi.tp knp setiap hubungan yg sering mengeluarkan sperma it suami.saya agak lama keluarnya bhkn saya tidak keluar sperma, sampai vagina terasa panas.gmn solusinya dok….sy tggu jawabanya lwt email.trm ksh

  20. Ass.Mf Mengangu
    Dok. Saya Sudah Hampir 1Thn Menikah,kmi Belum Jga Di Kasi Momongan .Kmi Mohon Bantuan Dokter Dn Saran Dokter.Makasi Sebelumnya

  21. Assalamu’alaikum dok.saya dah menikah hampir 2 th,tapi belum juga hamil,gimana caranya agar saya cepat hamil,saya dan suami sudah pengen banget punya momongan.makasih sebelumnya dok.

  22. saya 47 th saya terahir haid bln mei lalu, sampai sekarang saya gk pernah lg mengalami haid,apakah sya sudah monopause dok? apakah rahim saya masih bisa dibantu kesuburannya dok?,utk dokter ketahui,saya baru mengalami stres
    berat karna bertengkar sama suami,stlh itulah haid saya stop,memang saya sering mengalami stres dok,tapi saya merokok utk menekan stres sya,

  23. terimakasih banyak sarannya

  24. dok.sy mau tny sudh setahun tp oug belum ad momongan.pdhal udh prnh telat ampe 10 hr tp jdny malah mens yg kluar itu knp?.trjadi kyk gitu.

  25. ass dok saya mau tanya sudah 4thn menikah tpi belum juga dapat momongan umur saya 29 thn tpi saya udah 2thn setengah ga haid sama sekali cuma lendir doang yang keluar

  26. Dok saya mau tanya .usia saya 22thn saya Dlu pernh keguguran pas skrng sya nglakuin hb intim suka ngrasa nyeri dan brdarah . Trus skrng2 udh mau 6bln saya hb intim Tp blm hamil2 juga? Terimakasih

  27. gara2 ap keguguran itu?

  28. Dok kenapa yaa saya sdh satu thn menikah blm jga hamil?

  29. Dok sy mau tanya,sy sudah rutin mlakukan hbngn intim,tapi masih sja blum ada tanda”kehamilan padahal anak sy yg pertama sdah 4thn gimna tu dok??? Mksh

  30. salam dok. sya uda nikah 1 thn tapi sya blum hmil juga. trus xlo lg hb intim perut saya suka sakit. knp yah dok..

  31. dok sy mau klo dari gadis menstruasinya gak teratur apakah bisa hamil dok?
    trima kasih

  32. dok sy mau tnya klo dari gadis menstruasi sy gak tratur apakah bisa hamil dok?
    trima kasih

  33. Dok . . . Saya sudah nikah hmpir 8 thn blm jg punya mo2gn. Sya bingug dok hrus gmna,slish umr sma suami 10 thn dok.saya umur 30 thn suami umur 40 thn.dok wkt hubgn intim kenapa stiap suami ngeluarin sperma di vagina sya rasa nya gatal.

  34. Dok, apa benar jika sel telur wanita habis apakah benar tak bisa punya anak.
    Saya urut, kata ibu urutnya, sel telurnya habis…
    Solusinya dok,

  35. @dewi : untuk memberikan keterangan sel telur habis , perlu dipastikan dengan USG dan pemeriksaan laboratorium, … untuk panduan agar segera hamil, boleh coba hubungi dokter kandungan terdekat ya…

  36. The tips is very helpful.|

  37. Malam dok saya mau tanya sya berumur 33 suami 25 sy udah 4 th blm bsa hamil pdhl dri suami pertama anak saya umur 15th hbs mlhrkan sya ikut kb spral baru sy lepas 2th lalu tp kenapa sulit hamil lg y dok mksh mhon mnta sulusinya

  38. selamat malam dok… sayarosita mau tanya sya sudah menikah 3thtpi belom dikash momongan , pertama nikah saya nyoba di kb dulu trus udh 3bln sya stop dri situ mens saya jadi gak teratur dok kdang 2blan skali knp ya dok ..

  39. bu sya pengin sgra pnya ank gmna cra nya

  40. Slmt siang dok
    Saya mau taya dok knp ya setiap saya berhungan pasti sperma’@ itu kluar
    Kenapa ya dok

  41. Ass
    dok sya mau nanya kenapa saya susah hamil dan kenapa air sperma suami saya terasa gatal

  42. selamt sore dok syh mau tanya dok knp y setiap syh berhubngan pasti sperma,ituh keluar trus tolong ksih saran dn penjlasan ny y dok..trimaksih

  43. Slmat sore dok.
    Dok sya mau tnya knpa ya sdh mau 1 tahun pernikahan, sya blum” jga hamil ya dok. Apa krna sy krja d luar sehingga sy belum bsa hamil ya dok. Mhon bantuannya ya dok, karena sy sdh periksa k dokter kata dokter sy baik” sja.
    Jdi mhon bantuannya ya dok, terima kasih.

  44. Dok isteri sya pernah keguguran dah 3 tahun belum mengandung lgi..harap dok dpt jelaskn.

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>