May 212012
 
Facebooktwittergoogle_plusmail
Kapankah waktu ideal untuk KeHamilan Setelah Keguguran / Kuret? sebenarnya anda tidak perlu menunda kehamilan kedua jika Anda sudah keguguran. Bahkan, wanita yang hamil dalam waktu enam bulan setelah keguguran lebih mungkin untuk memiliki bayi dalam kondisi hidup dibandingkan dengan mereka yang menunggu lebih lama.
.
Para peneliti Skotlandia dari rumah sakit memeriksa lebih dari 30.000 wanita yang keguguran pada kehamilan pertama mereka. Di antara mereka yang hamil dalam waktu enam bulan setelah keguguran, 85 persen melahirkan bayi hidup dan 10 persen mengalami keguguran lagi. Jika lebih banyak waktu berlalu (lebih dari enam bulan), namun kurang dari 80 persen wanita itu melahirkan dalam kondisi bayu hidup dan lebih dari 12 persen keguguran.
.
Dr. Sohinee Bhattacharya mengatakan, perempuan sering disarankan untuk menunda kehamilan kedua, terlebih saat kehamilan pertama mengalami keguguran. Sejak 2005, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah merekomendasikan bahwa perempuan menunggu setidaknya setengah tahun sebelum mereka coba lagi.
.
Menurut Bhattacharya, dari Aberdeen Maternity Hospital, pedoman itu telah digunakan secara luas. Namun, bukti yang diajukan masih sangat minim. “Nasihat untuk perempuan adalah bahwa tidak ada alasan fisik mengapa Anda akan menunda kehamilan kedua,” katanya.
.
Di negara-negara berkembang, banyak wanita menunda kehamilan anak pertama justru mengalami keguguran. Hampir sepertiga perempuan yang hamil di atas usia 40 tahun mengalami hal tersebut. Jadi saran Bhattacharya adalah untuk mencoba lagi sesegera mungkin.
.
Tapi, ia menambahkan, tidak akan ada gunanya untuk mengejar kehamilan kedua jika kondisi emosi dan fisik tidak mendukung. Dokter lain mengatakan itu terlalu dini untuk mengubah kebiasaan yang berkembang saat ini.
.
“Kami akan membutuhkan beberapa data tambahan untuk pasien yang benar-benar dengan tegas menginginkan kehamilan langsung,” kata dokter kandungan Dr Alison G. Cahill dari Washington University di St Louis. “Yang saya katakan pada pasien adalah bahwa ada beberapa data yang tersedia dan yang dari rekomendasi data dari WHO adalah untuk menunggu selama 6 bulan,” katanya
.
.
.
(Visited 21,920 times, 12 visits today)
Facebooktwittergoogle_plusmail

  64 Responses to “KeHamilan Setelah Keguguran / Kuret”

  1. mau tanya..klo setelah 2x mens hamil lagi setelah melahirkan prematur dan dikuret gimana, apakah boleh?

  2. Boleh saja mbak Lina, karena beberapa literatur lain menyebutkan beberapa kehamilan sebelum 6 bulan paska kuret juga memberikan outcome yang baik

  3. mau tanya saya tgl 10 juli 2012 di kuret karena janin tdk berkembang kata dokter tdk boleh berhubungan selama 1 minggu tdk ada larangan maaf mengeluarkan sperma di dalam pasca 2 minggu kuret saya berhubungan tgl 5 agustus saya mens & baru2 ini tiap berhubungan keluar darah tdk banyak tp cukup mengganggu itu knp y? apa rahim saya ada yg luka? mohon penjelasan nya trima kasih.

  4. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

  5. terima kasih pertanyaannya @ivan Ruslim, beberapa literatur menjelaskan bahwa waktu pemulihan kandungan paska kuret bervariasi tiap wanita, biasanya berlangsung antara 2-3 bulan. dengan kondisi seperti diatas, besar kemungkinan bahwa kandungan sedang mengalami proses penyembuhan. biasanya diharapkan bulan depan menstruasi bisa kembali menuju normal lagi…

  6. kalo udah kuret setelah 3 hari darah sudah tidak keluar apa boleh berhubungan saja?trimz

  7. untuk memulai berhubungan intim disarankan menunggu organ kandungan pulih paska kuret, yaitu sekitar 1 bulan…

  8. 23 september 2012 sy kuret,kapan waktu yg tepat untuk sy dn pasangan sy memulai berhubungan intim

  9. Sy kuret tgl 25 sept 12 stlh kuret hanya 2hr berdarah stlh itu 1mg kemudian berdrah ƪӛĝǐ 1hr mingu dpn y jg 1hari nah baru tgl 15 nov brdrh 4 hr sprti haid smula tp stiap brdarah sy merasakn nyeri perut dulu sblm kuret sy gk prnh py mslh dlm haid..apakah rahim sy blum smbuh,coz sy jg merasakan nyeri perut kla sy kelelahan.. kpn boleh mrncnkn kehamilan ƪӛĝǐ…

  10. yup memang idealnya tunggu 6 bulan ya sesudah kuret, agar rahim pulih kembali dulu

  11. apakah sesudah kuret itu adl masa subur bagi wanita?

  12. 20 agustus 2012 istri saya currete krna kata dokter janin nya tdk berkembang dan harus dikeluarkan,pd saat itu usia janin sdh berjalan 3bulan lebih dan utk kehamilan pertama.skrg kondisi kshatan istri saya sudah membaik dan telah meanstruasi 3kali.saya mau tanya kapan saya blh merencanakan kehamilan istri saya lagi ya? Dan apakah benar kata org2 bahwa wanita yg pernah di currete susah mau hamil lagi? Tapi wktu hbs currete saya tanya dokter nya apa istri saya bisa hamil lg,kata dokter nya bisa dan tdk ada masalah.saya jadi kwatir sendiri.thx

  13. hmm sebaiknya tunggu sekitar 4-5 bulan ya, untuk hamil lagi, agar kondisi kandungan pulih dulu

  14. Untuk masa Subur nya kita lihat kapan haidnya datang ya mbak
    sebaiknya merencanakan kehamilan setelah 6 bulan ya

  15. Tgl 12 Desember 2012 sya melahirkan bayi prematur, usia kandungan baru 5 bulan jalan 6 bln, namun krna kondisi yg lemah baby sya meninggal. Skr sya dlm masa nifas. Dokter bilang rahim sya bersih, jd tdk ada kuret. Kondisi fisik sya sehat.
    Yg mau sya tanyakan, kapankah masa subur sya dan apakah aman bagi sya untuk merencanakan kehamilan kembali segera setelah masa nifas selesai?

    Mohon penjelasannya..terima kasih.

  16. Tgl 13januari kmaren saya keguguran pada kehamilan pertama usia hamil 7mgg..setelah USG rahim saya dinyatakan bersih dan tidak dilakukan tindakan kuretase. Yang ingin saya tanyakan normalnya darah yang kluar pasca keguguran brapa hari?? Saya cuma nyampe 4hari keluar darah nya tapi badan terasa pegal-pegal apakah msih normal??
    Apakah mesti dilakukan USG ulang?

    Mohon penjelasan nya…

  17. masih dalam batas normal mbak, tidak perlu USG ulang

  18. mau nanya ni
    saya biasa haid tanggal 21…tetapi pada tanggal 25 desember 2012 seya keguguran karena bo dengan makan obat…darah keluar selama 3 minggu…
    tp skrg 31 januari 2013 saya belum haid…perut keram,badan capek capek, pusing n mual…tapi di TP hasilnya -…..kapan sih seharusnya saya haid lgi

  19. idealnya sekitar 1-2 bulan mbak untuk pemulihan haid…

  20. Saya kuret bulan juni 2012 karena BO,bulan juli haid sudah normal kembali. 31 Desember 2012 saya terakhir haid,tgl 2 februari 2013 saya TP hasilnya pofitif,tapi wkt USG kantung kehamilan blm terlihat dan yg terlihat hanya penebalan dinding rahim saja. Apakah ada indikasi saya BO lagi atau tidak,mohon penjelasannya..

  21. hmm belum tentu mbak, kita lihat USG lagi 4 minggu lagi untuk memastikan

  22. idealnya 4-5 bulan setelah keguguran, baru hamil lagi, agar rahimnya pulih dulu
    jadi sebaiknya KB dulu ya

  23. sya ingin bertanya…tanggal 3 januari sya keguguran,,2 minggu setelah itu sya melakukan hubungan intim,,tapi sya masih trauma karena kehamilan sebelumnya,,apakah itu dapat memicu kehamilan selanjutnya,,apakah harus menggunakan pil kb,, sebenarnya berapa lama batas waktu kehamilan setelah keguguran? terimakasih sebelumnya

  24. Ak mat tanya…tgl 26 kmrin ak di kuret saat hmil masuk 8mggu…skrg msh kluar darah tp sdikit sekali, cuma kecoklat“an aja..perut msh agak nyeri, msh trlihat agak besar & keras.,apa ini normal“ aja….
    Trz kira“ kpn saya bisa brhub lagii sama suami.?

  25. yup , biasanya masih fase pemulihan, gpp

    untuk berhubungan dgn suami, sebaiknya tunggu sebulan ya

  26. awal januari sy trpaksa dikuret coz janin sy tdk mo brkembang.2 minggu pasca kuret sy brhubungan suami istri,akhir bln sy haid dn skrg sy hmil 4 minggu.yg mo sy tnyakn apakh khamiln sya aman dn tdk brmasalh? mohon dibls……

  27. hmm msh terlalu dini mbak, sebaiknya ntar usia kehamilan 10 minggu dilakukan USG ya mbak

  28. hmm sebenarnya tergantung sebab 2 x ketuban pecah yang sebelumnya tersebut mbak, kalau dari infeksi (keputihan), atau dari benturan misalnya , bisa kita cegah untuk selanjutnya….

  29. saya mau tanya mbak saya menderita incompeten servik saya dh py ank 1 dithn 2012 saya mengalami kelahiran prematur 6 bln 2 minggu karena ketuban pecah dini akhirnya bayi sy tidak selamat hanya tahan 3 hari saja sebulan dr melahirkan saya dikuret yaitu dibulan mei,4 bln setelah itu saya hamil lagi dan kehamilan saya hanya sampai pas 5 bln kembali saya mengalami ketuban pecah dini lagi,saya kembali dikuret lagi rasanya trauma banget,mengapa saya selalu mengalami kpd,dan setiap kehamilan sy selalu diikat leher rahimnya,kpn saya boleh hamil lagi mengingat usia saya sdh 33 thn,akan kah saya mengalami ketuban pecah dini lagi

  30. Tgl 21-3-2013 kemarin saya hbs d kuret krn janin tidak berkembang d usia kehamilan 3bln. Tp setelah itu darah yg keluar cuma 2 hari. Setelah itu sama sekali tdk kluar. Apakah itu normal??
    Mohon dbls. Trmks

  31. yup masih termasuk normal….

  32. berapa bulan saya boleh hamil lagi setelah kelahiran immatur itu mbak,masih kuatkah rahim saya mbak?akankah terulang lagi kejadian kemaren?saya incompeten servik mbak jika diligasi dan saya bedrest total bisakah mencegah kpd

  33. menyesuaikan dengan haid kembali ya

  34. idealnya menunggu 6 bulan setelah kelahiran immatur untuk hamil kembali — secara teori dengan adanya ligasi/penjahitan pada incompeten servik, akan mencegah keguguran berulang dan adanya kpd pada kehamilan berikutnya

  35. salah satu kondisi janin tidak berkembang adalah BO mbak
    bisa karena banyak hal, nutrisi, gangguan kromosom, dsb….

  36. Apa bedanya BO sm janin tidak berkembang?
    Apa penyebab utama BO dan janin tidak berkembang?

  37. saya sedang hamil 12 minggu,gejala minggu minggu pertama saya mual sekali smp makan sulit,tapi setelah minggu ke 12 ini,semua gejala2 itu hilang,dan saya merasa seperti org yg tdk hamil,cuma pinggang masih pegal2 dan kadang sesak nafas,perut kadang cuma berasa senut senut aja. selebihnya biasa saja…perut tdk membesar atau kencang,tp nafsu makan bertambah,apakah memeang normal seperti itu? terimakasih

  38. -memang pada wanita hamil adanya peningkatan nafsu makan merupakan respon yang normal kok mbak
    -pembesaran perut biasanya baru terlihat setelah kehamilan 16 minggu keatas
    – kalau sesak nafasnya sampai mengganggu, boleh coba sekali waktu diperiksakan ya

  39. Tgl 17 kemarin saya kuret,krn sejak kehamilan 6minggu saya kluar flek,dan dsuruh bedrest 5hari oleh dokter,setelah bedrest flek na berhenti,krn sudah berhenti saya kerja kkntor sprti biasa,ttp setelah bbrp hari kmudian kluar darah sprti darah menstruasi saya check kedokter janin saya berkembang dan denyut jantung na normal(usia kandungan 8minggu) akhrnya saya dsuruh bedrest kembali,hanya ktoilet boleh turun dr kamar mandi,setelah 1minggu bedrest,pendarahannya berhenti,saya check kdokter lagi,dokter katakan janin saya sehat dan berkembang,ttp saya dsarankan msh bedrest,ttp krn saya merada sudah sehat,saya coba mandi sendiri(biasana di lap doank sma suami di t4 tidur) setelah saya mandi,darah kluar segumpalan seperti hati ayam,saya lgsng check ke dokter,tp dokter blg janin saya msh sehat dan berkembang,dan dsuruh bedrest kembali,keesokan harinya kluar lg darah brrgumpal dsertai nyeri dibawah perut dan sampai akhirnya saya keguguran,pertanyaan saya,apa penyebab saya keguguran,krn saya sudah bedrest total,makan2 bervitamin dan janin saya berkembang,sedih skali rasanya ken saya sudah menjaga janim saya sebaik mgkn..
    Mohon masukan n share pengalaman ya bunda.
    Thank you

  40. saya juga mngalami hal yg sma,tnggl 29 kmrn saya pndarahan,saya USG ktnya janinnya sehat,tp hrs bedress total..tp smpek semnggu msh ttp pndarahan,sya bawa USG lg kta dokter saya sudah kguguran.
    Saya msh heran apa yg buat saya kguguran,pdhl saya istrht total.
    Yg saya tnya kan,obat pnguat janin idealnya ada gag yg d mnum 3x sehari?

  41. Saya mw tny ne mungkin kehamilan saya berusia 3minggu lalu sya mengalami pendarahan..dan kata dokter saya mengalami keguguran..tapi saya tdk tau krn ini kehamilan yg pertama…saya mw tanya apakah saya harus d’kuret atau tidak…dokter bilang sih apakah mw dikuret…trus sya blg bsa keluar sendiri gk…wktu dirumah perut saya nyeri dan darah keluar ini mungkin sdh 3hri…apa kah sy hrus di kuret….thnks

  42. boleh coba diperiksakan ulang ke dokter tersebut ya, n disampaikan kalau dirumah terasa nyeri dan keluar darah….

  43. di hamil pertama dy keguguran/.tp saya tdk dikuret krn dulu tdk pny biaya buat kuret. nah dr kguguran baru haid sexali trs lgsg hamil lg. tp alhmdllh bjalan normal..smp skg saya dan anak sehat. tp ada kmungkinan efek ny gk nti / bsok d wkt tua dok?

  44. di hamil pertama saya keguguran/.tp saya tdk dikuret krn dulu tdk pny biaya buat kuret. nah dr kguguran baru haid sexali trs lgsg hamil lg. tp alhmdllh bjalan normal..smp skg saya dan anak sehat. tp ada kmungkinan efek ny gk nti / bsok d wkt tua dok?

  45. dok setahun yg lalu saya d curett kana janin tidak berkembang seseudah curet saya ga pernah control lagi dan saya langsung pake kb suntik selama 6bulan.sekarang saya ingin punya anak tapi susah sekali.apa sebabnnyyya ya dok.?
    mohon d bls

  46. saya mw tanya dok saya pernah gx dtg bulan slma 2 bln trs ea tp sendiri hasilna negatif gmn solusina dok

  47. Susah hamil gmna? Hbs keguguran tpi ada jaringan dan bercak darah stlh menturasi 20 hri,smpi skrng blm menstruasi lgi,,’knpa dok?

  48. 2minggu lalu saya abis keguguran tanpa sengaja saya berhubungan intim sama suami saya dan mengeluarkan sperma di dalam apakah itu bisa hamil?

  49. saya di kuret tanggal 6 juni 2015 dan sampai sekarang sudah dua kali haid, bagaimana caranya agar saya bisa cepat hamil lagi. saya di kuret karena bleeding dan janin di katakan tidak berkembang

  50. Dok saya mo tny . Kmrn sya hns keguguran usia kndungan 3 minggu . 2 mnggu kluar darah terus dan udh bersih slma 2 mnggu ini tp knpa ini kluar drah lg sperti wktu kegugurn ya dok …
    Apa sya hrus priksa ke dokter n aapa penyebab nya ya dok …

  51. Bln mai 2015 saya keguguran dan blm usg sampai sekarang cmn kemaren di kontrol bidan di kasih obat penyubur dan obat anti virus doxycycline saya telat sekarang baru 3 hari dan saya tespeck masis samar2 saya takut

  52. dok istri saya kuret tnggl 7 Agustus, dan tanggal 27 September dapat men yang pertama.
    sampek tanggal 12 n0vember keluar bercak darah sdikit waktu pagi, siang bercak sudah hilang, skarang belum dapat men. apa ini wajar?harus gmana dok?sudah minum ascavin 1bulan rutin

  53. Pagi dok saya fitri
    saya mau nanya paskah kuret sbln kemarin apa kita bisa hamil paskah brhbngn saat ini terima kasih

  54. Tiga hari sebelum keguguran saya keluar flek trs tp saya tetap kerja oktober 30 2015 saya keguguran dan di kuret hanya d ksh obat sm bidan stlh itu sy gx periksa lg ke dokter seminggu saya keluar darah dan setelah itu saya berhubungan badan sampai sekarang tp sperma suami di keluarin d dalem.apa yg harus saya lakukan boleh gx soalnya sudah terjadi dan apa solusinya

  55. siang dok, saya inez
    4 bln yang lalu saya keguguran kata dokter janin tidak berkembang sehingga hrs dikuret..
    sebelum hamil menstruasi sya lancar & 3 bln setelah kuret saya menstruasi..
    tapi bln november samapi sekarang saya blm menstruasi, minggu lalu d TP hasilnya negatif..
    apamyang menyebabkan menstruasi saya tidak lancar ya dok?
    trimaksih

  56. Terima kasih banyak Gan. Artikelnya bermanfaat

  57. bu dokter 5 bulan yg lalu saya dikuret gara” bayi tidak berkembang mens saya lancar aja selama 5 bln ini.yg saya tanyakan kok saya susah hamil lagi dok..semenjak di kuret itu oh ya umur saya udah 33th 4 bln.kasih saran ya dok biar sy hamil lagi anak yg ke 2

  58. Saya 10 hari yg llu tngl 25januari dikuret krna janin yg saya kandung tdk brkmban usia janin itu 3bulan dokter.stlah kuret dan minum obt2tan dkter hbs.sya pergi kebidan urut sekedar merapikan perut yg hbs dikuret.ternyta bidan urut saya bilng sya hamil 3bulan.knpa bisa begitu apakah msh ada 1janin lgi dlm perut saya.pas saya periksa lg pke tes peck hasilnya bnran positif

  59. dok saya dnytkan BO stlah khmilan 2 bln,dn mnum misoprotol stlah 2 bln msh kluar flek coklat dan blik ke spog,dn diberikan miso lg dgn dosis lbh tapi smpe skrng msh kluar,bahkan kmern bersggama mngluarkan darah,mhin solusinya dok,ap berbahaya

  60. Dok saya mau tanya tgl 5 april 2016 saya mengalami keguguran lalu kuret karena dekbay saya sudah meninggal d rahim. Lalu tgl 25 april saya haid sampai bulan juni saya belum haid iseng iseng saya tes ternyata hamil. Saya lngsung ke dokter dari dokter d beri obat penguat kandungan. Tapi setelah minum obat flek gtu dok sehari 3 kali dok, sya mau tanya Apa ya dok resikonya kuret langsung hamil apa berpotensi keguguran lagi dok dan solusinya gmna ya dok ? Terimakasih

  61. Dok aq mu tnya aq udh sminggu tdk hai psca d kuret.sy d kret bln mret lalu.brhub intim dg suami sktar udh 1bln.dr situ sy haid..prtma tgl 18 dr bln april haid nya tratur tgl 18 ampe bln mei..pas bln juni tlat shari ..bln juli pun tlat ny jd 1 mnggu jd haidnya tgl 24..skrg bln agusts sy bln haid lg ampe skrg..pdahal sy mf ya dok berhub intim nya tdk mngekuarkan sperma d blm suami sy suka d luarr.sy jd kwatir dg perut sy jd buncit.trus sring pipis.aga rasa pusing juga apa pnyebabnya y dok.soalnya blm priksa k doktet lg.sptembet mndatang sy hrus control lg k rmh skit..

  62. Dok aq mu tnya aq udh sminggu tdk hai psca d kuret.sy d kret bln mret lalu.brhub intim dg suami sktar udh 1bln.dr situ sy haid..prtma tgl 18 dr bln april haid nya tratur tgl 18 ampe bln mei..pas bln juni tlat shari ..bln juli pun tlat ny jd 1 mnggu jd haidnya tgl 24..skrg bln agusts sy bln haid lg ampe skrg..pdahal sy mf ya dok berhub intim nya tdk mngekuarkan sperma d blm suami sy suka d luarr.sy jd kwatir dg perut sy jd buncit.trus sring pipis.aga rasa pusing juga apa pnyebabnya y dok.soalnya blm priksa k doktet lg.sptembet mndatang sy hrus control lg k rmh skit..

  63. Dok….nama saya eka… ..
    Sy mau ny dok…eka dah dua x dikored dok ….ank ptama 4 bulan ank kdua tiga bulan apa nt aku psti bs hmil lg dok????????????????????

  64. Dok saya perempuan umur 22 tahun , kehamilan pertama saya keguguran tapi tanpa kuret cuman pake obat dan kehamilan kedua kuret karna janin tidak berkembang kurer kemarin tgl 12 desember apa saya bisa hamil lagi ya dok

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>